Contoh RAB Operasional BPD (Format Excel) | CONTOH FORMAT ADMINISTRASI DESA

Download Contoh Format Administrasi Desa. Seperti Contoh Format RPJMDes-RKPDes, Contoh Format APBDes-RAB Desa-RKA Desa-RKKD, Contoh Format SK-SK, Contoh Format Surat-Menyurat Di Desa, Contoh Format LPJ-SPJ, Contoh Format Proposal, Contoh Format Perdes-Perkades, Gambar Desain Teknis, dan Format-Format Administrasi Desa Lainnya, 2024, 2025, 2026

Contoh RAB Operasional BPD (Format Excel)

RAB BPD - FORMAT RAB DESA
FORMAT RAB DESA - Rencana Anggaran Biaya Operasional BPD

Apakah Anda ingin men-download contoh RAB (Rencana Anggaran Biaya) Kegiatan Operasional BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dalam bentuk format excel (xls) terbaru? Bagaimana contoh RAB kegiatan Operasional BPD tahun 2019 dalam bentuk format excel/xls? Pada dasarnya, format RAB Kegiatan di Desa baik yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), Bantuan Keuangan Kabupaten, Bantuan Keuangan Provinsi, Pendapatan Asli Desa, atau sumber pendapatan lainnya harus mengacu pada peraturan perundang-undangan. 

Dalam Lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa (Baca Juga : Perubahan Atas Permendagri Nomor 113 Tahun 2014) telah ditentukan format RAB (Rencana Anggaran Biaya/Belanja) untuk Kegiatan-Kegiatan Di Desa. Juga dengan format-format lainnya telah ditentukan atau diatur juga. 

Saya memposting artikel ini karena beberapa alasan. Salah satunya, topik tentang administrasi BPD belum banyak dibahas di internet. Khusus untuk yang sedang kita bahas kali ini pun belum banyak diulas oleh blog atau website desa yang ada. Akhirnya saya memutuskan mencoba menulis dan memposting topik mengenai RAB BPD ini. 

Lihat juga : Aplikasi N1-N5 Terbaru "SIAP CETAK" {Baru}

BPD sebagai bagian dari unsur pemerintahan di desa selain pemerintah desa bagi saya tidak boleh dianggap remeh. Kalau kita membuka Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, peran dan fungsi BPD sangat besar. BPD adalah perpanjangan tangan warga desa untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah desa. 

Meskipun bukan sebagai "eksekutor" di desa, namun setiap pembahasan dan penetapan seperti Pembahasan dan Penetapan Peraturan Desa tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa), Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dan lain-lain.

Baca Juga :

Perencanaan anggaran kegiatan desa bukan hanya oleh pemerintah desa atau lembaga kemasyarakatan desa. BPD juga memiliki perencanaan anggaran kegiatan untuk menunjang pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya. 

Untuk dapat melaksanakan setiap tugas yang diemban oleh anggota BPD, maka diperlukan anggaran operasional BPD. Kegiatan pengadaan atau penyediaan anggaran operasional BPD ini dimaksudkan untuk melancarkan kinerja BPD. Lalu apa kaitannya dengan RAB?

Tentu saja sangat berkaitan. Rencana Anggaran Biaya (RAB) kegiatan operasional BPD harus disusun. Meskipun BPD bukanlah pelaksana kegiatan/pelaksana proyek di desa. Namun BPD berhak mengusulkan kegiatan dan anggaran kegiatan yang menjadi gaweannya.


Cek juga:
Nantinya RAB ini bisa pedoman bagi BPD untuk melaksanakan tugas dan fungsi. Baik fungsi legislasi, fungsi anggaran maupun fungsi pengawasan. Dalam menjalankan fungsinya itu BPD perlu kelengkapan administrasi. Lebih Lanjut Buka di Contoh Buku Administrasi BPD Dan Laporan Kinerja BPD. atau disini Contoh Administrasi BPD Lengkap.


Berikut ini contoh format RAB Operasional BPD yang diolah dari Permendagri Nomor 20 Tahun 2018Untuk Anda yang mencari contoh format RAB Kegiatan Operasional BPD dalam bentuk format excel (xls), silahkan download pada link dibawah ini :






Baca Juga : 
Silahkan di-download/unduh Contoh Format RAB Kegiatan Operasional BPD (Format Excel/Xls) diatas. Jika ada kendala, saran atau kritikan yang membangun jangan sungkan untuk memberitahu Kami.


Jika Anda suka artikel ini, silahkan bagikan ke teman-teman yang membutuhkan. 



Sekian artikel yang berjudul "Contoh RAB Operasional BPD (Format Excel)" semoga berguna bagi Anda. Terima Kasih sudah berkunjung di Blog CONTOH-FORMAT-ADMINISTRASI-DESA.BLOGSPOT.COM.


Tag Terkait :

  • rab bpd
  • contoh rencana anggaran biaya bpd
  • rab siskeudes
  • contoh spj operasional bpd
  • contoh rab desa
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda?

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget
close