Format Excel RAB Belanja Jasa Honorarium (Format RAB Desa) | CONTOH FORMAT ADMINISTRASI DESA

Download Contoh Format Administrasi Desa. Seperti Contoh Format RPJMDes-RKPDes, Contoh Format APBDes-RAB Desa-RKA Desa-RKKD, Contoh Format SK-SK, Contoh Format Surat-Menyurat Di Desa, Contoh Format LPJ-SPJ, Contoh Format Proposal, Contoh Format Perdes-Perkades, Gambar Desain Teknis, dan Format-Format Administrasi Desa Lainnya, 2024, 2025, 2026

Format Excel RAB Belanja Jasa Honorarium (Format RAB Desa)

RAB Belanja Jasa Honorarium - Format RAB Desa 2019
RAB Belanja Jasa Honorarium [Format RAB Desa]
Pada awalnya saya ingin menulis tentang Laporan BPD dan cara penyusunan. Tapi tiba-tiba ada pesan masuk di handphone saya yang bunyinya.
"Mas, tolong kirimkan contoh file RAB Belanja Honorarium," Ujar seorang yang belum saya kenal. 


Tanpa berpikir panjang, saya langsung saja membalas :

"Iya, Mas. Nanti akan saya ulas di Blog saya," Kataku dalam Sms.


Gara-gara itu sehingga artikel ini saya posting kembali dan update kembali dengan judul "Format Excel RAB Belanja Jasa Honorarium (Format RAB Desa)"


Rincian Anggaran Biaya (RAB) Jasa Honorarium ini memuat contoh rincian-rincian yang termasuk kategori jasa honorarium dalam kegiatan-kegiatan di desa. Artinya belanja jasa honorarium bukanlah kegiatan yang berdiri sendiri. Boleh jadi masuk dalam kegiatan bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa. 

Baca Juga : RAB Belanja Jasa Sewa Terbaru


Misalnya, kita ambil contoh Kegiatan Pembangunan Jalan Desa. Di Dalam RAB Kegiatan Jalan itu salah satu item belanja-nya adalah Kegiatan Belanja Bahan, Belanja Jasa Honorarium dan lain-lain. Jenis-jenis belanja jasa honorarium inilah yang mau saya uraikan disini, bukan belanja kegiatan tersendiri. Itu maksud saya. Semoga bisa dipahami.


Beberapa contoh belanja jasa honorarium adalah :



  • Belanja Jasa Honorarium Tim yang Melaksanakan Kegiatan
  • Belanja Jasa Honorarium Pembantu Tugas Umum Desa/Operator Desa
  • Belanja Jasa Honorarium/Insentif Pelayanan Desa 
  • Belanja Jasa Honorarium Ahli/Profesi/Konsultan/Narasumber
  • Belanja Jasa Honorarium Petugas
  • Belanja Jasa Honorarium Lainnya


Apa alasan memposting artikel ini? Sebenarnya alasan utamanya, karena belum banyak yang bahas dan terlebih sub kegiatan ini masuk dalam lampiran Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Tentu saja tidak boleh dianggap remeh, meskipun bagi sebagian orang mungkin mudah. 

Mau download/unduh contoh RAB (Rencana Anggaran Biaya) Kegiatan Belanja Jasa Honorarium dalam bentuk format excel (xls) terbaru? Bagaimanakah contoh RAB kegiatan Belanja Jasa Honorarium dalam bentuk format excel/xls? Pada prinsipnya, RAB Kegiatan di Desa baik yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), Bantuan Keuangan Kabupaten, Bantuan Keuangan Provinsi, Pendapatan Asli Desa, atau sumber pendapatan lainnya harus mengacu pada peraturan perundang-undangan. 

Dalam Lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa (Baca Juga : Perubahan Atas Permendagri Nomor 113 Tahun 2014) telah ditentukan format RAB (Rencana Anggaran Belanja) untuk Kegiatan-Kegiatan Di Desa. Juga dengan format-format lainnya telah ditentukan juga. 

Saya tidak mengatakan bahwa format ini sudah sesuai dengan regulasi yang ada. Namun saya hanya berupaya memungkinkan agar sesuai aturan atau mekanisme yang ada. Mungkin masih banyak yang salah atau keliru dalam dokumen-dokumen atau file di blog ini. Tapi percayalah, saya berusaha menyajikan yang terbaik untuk Anda. 


Artikel ini mencoba membantu rekan-rekan di desa untuk menguraikan apa-apa saja contoh/jenis belanja jasa honorarium yang melekat pada beberapa kegiatan. Ini tentu saja penting, minimal untuk menambah khasanah atau ide-ide kita dalam penyusunan setiap RAB Kegiatan Desa.



Untuk Anda yang mencari contoh format RAB Belanja Jasa Honorarium dalam bentuk format excel (xls), silahkan download pada link dibawah ini :





Silahkan di-download/unduh Contoh Format Excel (xls) RAB Kegiatan Belanja Jasa Honorarium diatas. 


Untuk penjelasan perbedaan gaji dan honor, honor narasumber 2019, standar biaya honorarium dan perjalanan dinas 2019,  standar biaya umum perjalanan dinas dan honorarium tahun 2019, standar biaya umum honorarium tahun 2019 dalam format pdf atau word akan diupdate nanti.

Cek juga:

Jika ada kendala, saran atau kritikan yang membangun jangan sungkan untuk memberitahu Kami. Boleh melalui kolom komentar atau kontak blog ini.

Sekian artikel yang berjudul "Format Excel RAB Belanja Jasa Honorarium (Format RAB Desa)" semoga berguna bagi Anda.
Terima Kasih sudah berkunjung di Blog @CONTOH FORMAT ADMINISTRASI DESA.

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda?

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget
close